0 Dilihat

Mengapa Tikus Suka Menggigit Sesuatu?

Tags

Mengapa tikus suka menggigit sesuatu,misalkan kabel di mesin foto copy?

Tikus menggigit sesuatu seperti kabel, kayu, kain, kertas, dan sebagainya sebenarnya untuk mengikir gigi mereka yang terus tumbuh sepanjang hidupnya. Gejala ini juga dialami oleh hewan pengerat lain seperti kelinci, marmut, hamster, dan lainnya.

Pada manusia, gigi kita mengalami pergantian gigi susu ke gigi tetap pada usia 6-13 tahun dan akan berhenti pertumbuhannya. Berbeda halnya dengan tikus dan hewan pengerat lainnya.

Gigi mereka akan tumbuh terus-menerus sepanjang hidupnya. Nah, dengan menggigit benda-benda keras, agar gigi mereka aus, tidak panjang sampai menembus rahang atau tengkorak atas mereka yang akan mengakibatkan dia mati. Hal ini juga dilakukan untuk mengasah gigi mereka tetap tajam, karena selain untuk makan, gigi tikus juga digunakan sebagai alat pertahanan teritori, pasangan dan predator.

Selain itu, jika giginya dibiarkan terus tumbuh, pada akhirnya tikus tidak dapat mengunyah makanan. Oleh karena itu, pekerjaan mengerat mutlak harus dilakukan untuk mengikis gigi yang memanjang ini
sumber http://mengapa-bisa-cuy.blogspot.com